Download Update Aplikasi Satker, dan Peraturan Keuangan

Tata Cara Pembayaran Pajak Secara Elektronik (billing system)

Tata Cara Pembayaran Pajak Secara Elektronik (billing system)


Berikut ini saya sajikan tata cara pembayaran pajak dengan cara online, Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) adalah serangkaian proses yang meliputi kegiatan pendaftaran peserta billing, pembuatan Kode Billing, pembayaran berdasarkan Kode Billing dan rekonsiliasi billing dalam sistem Modul Penerimaan Negara.

Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) diatur dalam Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER - 47.PJ.2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Coba Penerapan BillingSystem dalam Sistem Modul Penerimaan Negara. 

Kelebihan dari Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) ini diantaranya adalah Wajib Pajak tidak perlu membuat SSP manual, Wajib Pajak cukup menyampaikan “dana pajak + Kode Billing”, pembayaran pajak selesai dengan mudah.

Untuk saat ini, Wajib Pajak yang dapat melakukan transaksi melalui Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) adalah wajib pajak yang terdaftar pada Kantor Wilayah DJP sebagai berikut:

  • Jawa Barat I;

  • Wajib Pajak Besar;

  • Jakarta Khusus;

  • Jakarta Utara;

  • Jakarta Barat;

  • Jakarta Selatan;

  • Jakarta Timur;

  • Jakarta Pusat

Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) dapat dilakukan oleh seluruh wajib pajak orang pribadi dan wajib pajak badan selain bendahara pemerintah.

Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system), pembayarannya dapat dilakukan melalui teller bank atau petugas loket kantor pos persepsi atau melalui ATM Mandiri dan Internet Banking Mandiri.

Pendaftaran Sistem pembayaran pajak secara elektronik (billing system) dapat di akses di Situs Billing Systematau pada tautan berikut: http://sse.pajak.go.id


Demikian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca di Situs Resminya di SINI




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by agus bustomi, Published at 3:41 AM and have 0 komentar