Aplikasi GPP Tahun 2014

Untuk membuka Aplikasi ini, silahkan klik menu Aplikasi Satker.

Aplikasi RKAKL Tahun 2014

Untuk membuka Aplikasi ini, silahkan klik menu Aplikasi Satker.

Aplikasi SAIBA Tahun 2015

Untuk membuka Aplikasi ini, silahkan klik menu Aplikasi Satker.

Aplikasi SAKPA Tahun 2014

Untuk membuka Aplikasi ini, silahkan klik menu Aplikasi Satker.

Aplikasi SPM Tahun 2014

Untuk membuka Aplikasi ini, silahkan klik menu Aplikasi Satker.

Saturday, June 1, 2013

Petunjuk Singkat SPM Tahun 2013


PETUNJUK AWAL SETING USER APLIKASI SPM 2013
A.  SETTING USER ADMIN (STARTUP)
  1. Perbedaan yang ada pada Aplikasi SPM 2013 dan  Aplikasi SPM 2012  yaitu jika pada Aplikasi SPM 2012 hanya merekam level supervisor dan operator untuk PPSPM sedangkan untuk Aplikasi SPM 2013 harus merekam 2 (dua ) level operator yaitu Level Operator untuk PPK dan Level Operator untuk PPSPM.
  2. Pengisian level PPK yang akan digunakan untuk melakukan perekaman SPP.
  3. Pengisian level PPSPM yang akan digunakan untuk melakukan Pencatatan SPP atau menerima ADK SPP untuk  menjadi SPM.
B.  MEMULAI PEREKAMAN SPP PADA APLIKASI SPM2013
      Langkah selanjutnya adalah masuk ke Menu Utiliti dan pilih Sub MenuSeting Database :
  • Pilihan Database PPK dan PPSPM terpisah adalah untuk Satker yang menggunakan 2 komputer yang berbeda antara yang mengerjakan SPP (PPK)  dan yang mengerjakan SPM (PPSPM).  
  • Pilihan Database PPK dan PPSPM Gabung adalah untuk Satker yang menggunakan satu computer yang sama untuk SPP (PPK) dan SPM (PPSPM).
C.  PETUNJUK TEKNIS PENGOPERASIANAPLIKASI SPM 2013 
     UNTUK DATABASE PPK dan PPSPM GABUNG
  1. Transfer Pagu. 
  2. Masuk ke Menu SPP dan pilih Sub Menu RUH SPP. 
  3. Pilih Kode Jenis SPM 01 untuk pembuatan SPP Gaji Induk. 
  4. Pilih import data GPP. 
  5. Pilih lokasi dimana file dengan Extention .rkp berada yang merupakan file hasil kirim dari Aplikasi GPP contoh : SPM5270101.rkp 
  6. Pastikan nilai antara MAK dan MAP sudah sesuai maka proses perekaman SPP selesai. 
  7. Lakukan Proses Cetak SPP. 
  8. Pastikan sudah dilakukan cetak SPP, karena jika proses pencetakan pada SPP belum dilakukan maka proses catat pada aplikasi SPM tidak bisa dilakukan. 
  9. Masuk ke Aplikasi SPM sesuai dengan User dan Password PPSPM sesuai dengan yang sudah di buat pada User Admin. 
  10. Pilih menu SPM à Sub Menu Catat, Batal dan Hapus SPM 
  11. Pilih catat SPMà pilih tanggal pembuatan SPP. 
  12. Lalukan Cetak SPM. 
  13. Lakukan inject PIN PPSPM. 
  14. Lakukan pengiriman ADK SPM ke KPPN dengan memilih Menu Utiliti.
D.  PETUNJUK TEKNIS PENGOPERASIAN APLIKASI SPM 2013 
      UNTUK DATABASE PPK dan PPSPM TERPISAH
  • Perbedaan untuk Pengoperasian Aplikasi SPM2013 yang satu Database dan yang Database terpisah adalah : 
  • Pada Aplikasi SPM 2013 yang database gabung tidak melakukan proses transfer ADK SPP tetapi langsung melakukan proses catat SPP pada menu Aplikasi SPM 2013 level operator dan menu PPSPM 
  • Pada Aplikasi SPM 2013 yang Database terpisah setelah Perekaman hingga cetak SPP maka selanjutnya adalah Pengiriman ADK SPP ke PPSPM
E.  HAL – HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN :
  1. PPK adalah Pejabat Pembuat Komitmen. 
  2. PPSPM adalah Pejabat Pembuat SPM. 
  3. Kode - kode pada Referensi ini harus sama persis dengan Referensi yang ada di Aplikasi SP2D KPPN, sehingga diperlukan koordinasi dengan Supervisor KPPN yang bersangkutan (lebih aman bila bisa meng-copy referensi Bank Pos dari KPPN). Atau mengcopy dari Aplikasi SPM 2012 (t_banpos dan t_banpos.cdx) Klik 'Rekam' kemudian rekam data yang sesuai kemudian klik simpan. 
  4. Untuk pengisian kode Bendahara pada Aplikasi SPM2013 berubah menjadi Bendahara/Supplier dengan kewajiban mengisikan kode NPWP dan alamat email, kode Bank SPAN, kode bank pusat, Kode Pos. 
  5. Pada pengisian setting Pejabat pada Aplikasi SPM2013 ada 2 (dua) default pejabat yaitu untuk PPSPM dan PPK : 
  • Nomor 1 untuk keterangan KPA 
  • Nomor 2 untuk keterangan pejabat pembuat SPM ( berikan tanda default) 
  • Nomor 3 untuk keterangan bendahara pengeluaran 
  • Nomor 4 untuk keterangan PPK ( berikan tanda default) 
  • Nomor 5 untuk keterangan Operator



Friday, May 17, 2013

Tata Cara Update GPP Versi 01 Mei 2013

Selamat malam para pengelola keuangan, kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai Update GPP Versi 01 Mei 2013, yang menurut saya rada sedikit rumit, namun saya percaya bapak-bapak dan Ibu-ibu pengelola keuangan sudah bisa, namun bagi yang belum bisa saya akan sedikit menerangkan cara-caranya disini, mudah-mudahan bermanfaat

Sebeum anda melakukan Update GPP Versi 01 Mei 2013, ada baiknya temen-temen melakukan Backup terlebih dahulu, tujuannya bila terjadi kesalahan tidak berpengaruh fatal pada aplikasi gpp sodara, adapun caranya seperti dibawah ini:
1.  Copy folder C:\AplGajiSatker ke dalam flashdisk/hardisk external

2.  Copy folder MyGPP ke dalam flashdisk/hardisk external dengan terlebih dahulu mematikan service  
     dengan mengklik kanan mouse file mysql_uninstall.bat lalu pilih Run As Administrator.
3.  Selanjutnya hidupkan lagi service MyGPP dengan jalan mengklik kanan mouse file mysql_install.bat lalu
     pilih Run As Administrator.

Setelah cara diatas anda lakukan, kemudian anda download aplikasinya, bagi yang sudah punya langsung diinstal a, tapi bagi yang belum, silahkan Download disini Update Aplikasi GPP Versi 01 Mei 2013

Tata Cara Update
*  Klik dua kali file AplikasiRevisiGPP-01-05-2013-Satker.exe maka akan muncul form install ke dalam 
    folder C:\AplGajiSatker\. Lalu klik tombol Install

Klik dua kali file Revisi_01_Mei2013Satker.exe

Maka akan muncul login User dan Password serta IP Komputer Server Anda, isikan user : super milik 
     anda, atau user lain dengan Hak = 1

Pilih menu update lalu pilih Update Satker

Maka akan muncul form sbb :

Klik tombol PROSES maka proses update akan terlaksana dan tunggu sampai muncul pesan sbb :

Setelah itu jalanlan aplikasi GPP 2013 dan pastikan bahwa aplikasi anda sudah versi tanggal 1 Mei  2013


 Nah itu sekilas tata cara update aplikasi GPP Versi 01 Mei 2013, untuk lebih lengkapnya anda bisa download disini sudah berbentuk file office word Download Tata Cara Update GPP Versi 01 Mei 2013

Para pengelola yang berbahagia, Update GPP Versi 01 Mei 2013 ternyata masih banyak menu yang belum bisa dipergunakan, untuk itu direktorat jendral perbendaharaan kembali meluncurkan Update GPP yang baru, yaitu versi 14 Mei 2013, untuk itu segera Update kembai Aplikasi GPP temen-teman dengan update terbaru, tata caranya sama aja seperti yang diatas.

Nah jika temen-temen belum punya Update Aplikasinya, silahkan download disini Downoad Update GPP Versi 14 Mei 2013

 



Mitra Perbendaharaan. Powered by Blogger.